Kehamilan minggu 20

Anda sudah menjalani setengah dari seluruh kehamilan. Kehamilan di minggu ke 20 ini adalah saat yang tepat bagi anda untuk menikmati kehamilan anda karena selain anda sudah terbiasa dengan gaya hidup yang lebih sehat anda juga sudah bisa memulai komunikasi dengan bayi anda di dalam.

Komunikasi pada bayi yang belum lahir pada dasarnya adalah untuk lebih menjalin hubungan ikatan antara orang tua dan bayi dan belum dapat dipastikan secara ilmiah bahwa bermain bersama bayi dalam kandungan anda,akan membuat bayi dalam kandungan akan lebih pintar setelah bayi lahir.

Bayi yang sudah memasuki akhir trisemester ke 2 atau di awal semester ke 3 sudah mulai dapat mendeteksi suara yang ada disekitarnya, terutama suara ayah dan ibunya, karena bayi setiap hari sudah sering mendengar pada saat ayah dan ibunya sedang berbicara. Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa dengan memperdengarkan musik terutama musik klasik pada saat bayi masih di dalam kandungan dapat membuat bayi akan lebih tenang ketika sudah lahir dan memang setelah bayi lahir kemudian diperdengarkan musik klasik yang sama tersebut  bayi akan lebih tenang. Hal ini terjadi karena bayi sudah terbiasa mendengarkan musik dengan tempo yang tenang yang selama ini dia sudah kenal dan musik inilah yang membuatnya relaks. Selain memperdengarkan musik memang dianjurkan untuk memulai bercanda dengan bayi yang anda kandung mungkin akan terlihat aneh tapi hal ini bisa membuat hubungi orang tua dan bayi terjalin sejak dini.

Pada minggu ke 20 ini perkembangan vital pada bayi sudah hampir selesai, di minggu selanjutnya hanya perkembangan fungsinya menjadi lebih sempurna untuk dipersiapkan melihat dunia. Jantung bayi anda sudah bekerja semakin baik. Apabila bayi berjenis kelamin perempuan maka dibulan ini rahim bayi sudah mulai berkembang dan sudah menghasilkan 6 juta sel telur pada indung telurnya (ovarium) tapi jumlah ini akan menurun pada saat bayi dilahirkan menjadi sekitar 1 juta sel telur.

Kaki bayi anda sudah berkembang baik dan anda sudah mulai merasakan tendangannya. Indera pendengaran, pengelihatan, indera perasa dan penciuman sudah mulai berkembang. Berat badannya 300-400 gram dengan tinggi badan 25-26 cm di minggu ke 20.

About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under Kehamilan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s