Kejar paket, solusikah?

Saya mengamati ada saja kebijakan baru dalam dunia pendidikan. Terlebih dalam memberikan solusi terhadap ketidaklulusan siswa SMP/SMA.

Jika tahun lalu siswa yang tidak lulus ujian nasional diperbolehkan mengikuti ujian susulan. Maka tidak demikian untuk tahun ini. Ada dua pilihan bagi siswa yang tidak lulus. Yang pertama adalah mengulang satu tahun dan mengikuti ujian tahun depan. Sedangkan solusi yang kedua mengikuti ujian kejar paket B untuk siswa SMP dan kejar paket C untuk siswa SMU. Dan siswa mengikuti ujian kejar paket, mereka bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Saya sedikit heran dengan kebijakan pendidikan saat ini. Kenapa harus ada dua pilihan? . Dengan adanya dua pilihan tersebut saya yakin banyak siswa yang memilih ujian kejar paket. Dalam waktu yang relatif sebentar dan dengan biaya yang tidak mahal mereka bisa mendapat ijazah kejar paket yang nilainya sama dengan ijazah SMP/SMA.

Yang menjadi pertanyaan saya, apakah kebijakan ini adalah yang terbaik? saya rasa belum dan jauh dari baik. Kalau hanya dengan mengikuti ujian kejar paket siswa yang tidak lulus bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Saya berfikir akan lebih banyak siswa yang tidak lulus di tahun depan. Karena mereka akan meremehkan UN. Mereka berfikir kalaupun mereka tidak lulus UN mereka toh bisa ikut ujian kejar paket…gampang kan??

Tapi bagaimana jika tahun depan kebijakan yang diberikan kepada siswa yang tidak lulus berubah??. Hayoo.. sekarang siapa yang bingung…???

Tinggalkan Balasan

