Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Dalam pembukaan UUD 1945 disebutkan bahwa salah satu tujuan Negara R.I. adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sampai saat ini, apakah pemerintah telah memberikan perhatian penuh terhadap cita-cita “mencerdaskan kehidupan bangsa”??

Jika saya melihat realitas pendidikan yang ada saat ini masih sangat memprihatinkan. Permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan sangat kompleks.

Disini saya mengamati masalah tentang tingginya biaya pendidikan yang dibebankan kepada siswa. Karena hal tersebut berakibat pada banyaknya anak yang tidak dapat sekolah ataupun putus sekolah, karena tidak mampu membayar biya sekolah.

Jika mereka tidak mampu membayar biaya sekolah, bagaimana mereka bias sekolah?? Jika mereka tidak bias sekolah, bagaimana rakyat cerdas?

Saya punya usul, “untuk mencerdaskan kehidupan bangsa” maka komersialisasi pendidikan harus dihapuskan. Trus pembiayaan pendidikan darimana?. Latih para pejabat kita untuk hidup hemat. Sehingga pembiayaan yang kurang penting untuk mereka, dapat dialokasikan untuk sekolah gratis. Gimana para pejabat, apakah mau berkorban untuk mencerdaskan bangsa?? Dan saya akan menyebut kalian pahlawan pendidikan..

One thought on “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s