REFLEKSI HARI KEMERDEKAAN RI KE 61

 

Sejak 61 tahun yang lalu, Negara kita tercinta telah mendapatkan status kemerdekaan dan diakui kemerdekaannya oleh dunia. Merdeka artinya bebas. Bebas artinya tanpa belenggu. Merdeka artinya bebas mengatur pemerintahan sendiri, bebas berekspresi..

 

Bicara soal kemerdekaan, jadi ingat iklan “merdeka sudah, aman belum”, “merdeka sudah, tertib belum”, ada tambahan nih, “merdeka sudah, bebas belum, makmur belum, kenyang belum…dan banyak yang belum kita dapatkan sebagai warga negara yang merdeka..Lalu, apa arti 61 tahun Indonesia merdeka? Siapa yang merdeka?

Yang telah merdeka hanyalah para pejabat Negara dan anak cucunya, yang telah merdeka adalah orang-orang kaya beserta keluarganya…lalu bagaimana dengan warga Negara kita yang miskin, yang jadi tukang becak, tukang sampah, petani, pedagang sayur…apakah mereka tidak mempunyai hak untuk merdeka?

 

Lalu kapan seluruh Warga Negara Indonesia benar-benar merdeka?. Tahun depan, lima tahun lagi, seratus tahun lagi, atau bahkan sebagian besar dari warga Negara ini tak kan pernah merasakan kemerdekaan itu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s