Kenapa bangga jadi pengemis??

Fenomena pengemis di Indonesia akhir-akhir ini marak diberitakan dan dibahas oleh berbagai media, baik cetak maupun elektronik. Hal ini mungkin karena pada bulan Ramadhan keberadaan pengemis semakin merajalela. Kenapa hal ini bisa terjadi?. Saya melihat dua kemungkinan dari alasan kenapa pengemis merajalela pada bulan Ramadhan. Kemungkinan pertama, para pengemis beranggapan akan banyak orang muslim yang bersedekah pada bulan Ramadhan. Karena bersedekah pada bulan Ramadhan mempunyai pahala berlipat disbanding bulan-bulan lain. Alasan yang kedua dan mudah-mudahan prasangka saya tidak benar kebanyakan pengemis adalah umat Islam yang ingin mendapatkan uang sebanyak-banyaknya untuk menyambut hari raya Idhul Fitri. Bisa saja kemungkinan ini terjadi dengan melihat mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim.

Dalam aksi mengemis banyak cara yang dilakukan untuk menarik simpati para dermawan. Ada yang menggendong anak, dan tak sedikit pengemis berpura-pura cacat.

Kemarin saya melihat liputan di televisi tentang fenomena pengemis dan aksi mereka untuk menarik simpatik orang. Ada yang pura-pura tangannya buntung, atau kakinya hanya satu bahkan ada yang membuat borok palsu pada bagian tubuhnya..Naudzubillah min dzalik…

Kenapa mereka lebih senang dilihat orang dengan keadaan fisik tidak sempurna? Padahal banyak orang yang yang oleh alloh diuji dengan tubuh cacat ingin sekali bertubuh normal. Dimana syukur mereka…atau karena harta yang sangat mudah sekali didapat dengan cara mengemis mereka rela menjadi hamba yang kurang mensyukuri kesempurnaan raganya?. Hanya dengan mengemis mereka bisa memperoleh pendapatan hingga Rp.200.000/ hari, siapa yang tidak pengen??

Hanya pemalas, orang yang kurang syukur dan kurang imanlah yang bisa menjalani itu semua. Semoga kita dijauhkan dari sifat yang demikian, Amiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s