Miskin itu bahaya

Kalau kita mengamati tingkat kemiskinan di Indonesia masih sangat tinggi. Menurut berita resmi statistic yang saya ambil dari www.bps.go.id, Jumlah penduduk miskin (penduduk yang berada dibawah Garis Kemiskinan) di Indonesia pada bulan Maret 2006 sebesar 39,05 juta (17,75 persen). Ini adalah jumlah yang sangat banyak. Jika diakui 90% penduduk Indonesia adalah muslim, maka sebagian besar penduduk miskin adalah muslim.

Fakta kemiskinan itu seharusnya menyeret kita pada ketakutan besar karena sebagaimana dalam ajaran Islam bahwa kemiskinan itu awal dari kekufuran. Dan inilah adalah ancaman bagi umat Islam. Karena akan semakin banyak muslim yang pindah agama karena iming-iming sembako dari agama lain. Dan siapakah yang seharusnya bertanggungjawab dengan keadaan seperti ini.

Memang agama adalah urusan pribadi. Tapi adalah tanggungjawab umat dalam menghadapi masalah kemiskinan. Apalagi jika agama yang akan menjadi taruhan. Toh gak semua muslim miskin. Sangat banyak pengusaha dan jutawan yang muslim. Seharusnya mereka juga ikut bertanggungjawab mengentas kemiskinan. Kalau agama lain bisa memindahkan seorang muslim untuk masuk ke agamanya, kenapa muslim kaya tidak berusaha menolong umatnya sendiri untuk mempertahankan agamanya?? Dan hal ini merupakan jihad di jalan Alloh, karena membela agama Alloh.Harta bukanlah segala-galanya di dunia. Tapi bagaimana kita beribadah jika dalam keadaan lapar?

Pada bulan penuh berkah ini, marilah kita berlomba-lomba meningkatkan ibadah kita termasuk dalam bersedekah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s