Kenapa harus bercerai??

Akhir-akhir ini banyak sekali kasus perceraian terjadi, terutama di Indonesia. Baik perceraian oleh pasangan yang menikah dibawah lima tahun ataupun diatas sepuluh tahun. Tidak hanya dikalangan artis, tapi juga terjadi pada masyarakat biasa. Sempat saya membaca sebuah Koran yang memberikan data tingkat perceraian tahun 2006 meningkat hampir 100% dibanding tahun 2005. Keadaan ini menimbulkan satu pertanyaan dihati “kenapa perceraian bisa terjadi”??

Banyak alasan mereka kenapa harus bercerai. Ada yang mengatakan sudah tidak ada kecocokan lagi. Ada yang disebabkan perselingkuhan diantara salah satu pasangan. Ada pula yang didak mau di madu oleh suaminya, dan berbagai alasan lain.

Saya mempunyai sedikit tips, bagaimana menjaga keutuhan rumah tangga. Walaupun saya baru menikah, paling tidak saya juga harus menjaga agar pernikahan saya barakah selamanya, amin…semoga bermanfaat.

  1. Niat menikah. Jika kita menikah dengan niat beribadah mencapai keridhaan alloh, Insya Alloh Dia selalu membimbing kita. Tapi jika niatnya lain, misalnya ingin memiliki keturunan kita pasti akan kecewa kepada pasangan kita jika tidak bisa memiliki keturunan. Dan ini menjadi salah sati penyebab perceraian.
  2. Komunikasi. Tidak ada manusia yang sama. Berapa lamanya usia pernikahan kita tidak bisa menjamin pernikahan kita akan langgeng jika tidak didukung oleh komunikasi yang lancar. Apapun yang kita rasakan, baik senang ataupun sedih, kemudahan ataupun kesulitan sebaiknya di komunikasikan bersama pasangan kita. Karena dengan komunikasi akan meminimalkan kesalahpahaman diantara pasangan.
  3. Setiap manusia akan berubah. Jika kita merasa sangat mengenal pasangan kita sebelum menikah atau pada awal pernikahan, jangan menganggap bahwa anda telah benar-benar mengenal dia. Karena suatu saat sedikit atau banyak pasangan anda akan berubah seiring dengan bertambahnya usia dan masa. Maka dari itu terus belajar mengerti dan memahami pasangan adalah sangat diperlukan untuk menjaga kebersamaan.

18 thoughts on “Kenapa harus bercerai??

  1. Ass.Arifah,
    Saya agak bingung di artikel Jangan khianati perempuanmu dikatakan “Perempuan kadang memang tampak bodoh ketika harus diam dibalik pengkhianatan suami mereka. Bahkan ada yang memaafkan suami mereka dan menerimanya kembali”. Tetapi di Artikel ini? Kenapa harus bercerai? tdk jelas arahnya.
    Jadi Bagaimana seharusnya perempuan yang dikhianati itu BERSIKAP?

  2. Perceraian memang perbuatan yang diperbolehkan tapi tidak disukai Alloh. Ketika datang permasalahan dalam rumah tangga ada baiknya permasalahan tersebut diselesaiakan. nah dalam artikel kenapa harus bercerai ada tips bagaimana menyelesaikan permasalahan rumah tangga. sedangkan dalam artikel jangan hianati perempuanmu, itu adalah kegelisahan saya ketika istri mendapat pengkhianatan dari suami, mereka lalu pasrah dan diam. Bedakan antara menyelesaikan masalah dan diam pasrah tanpa berbuat apapun. Jadi saya berharap bagi para istri yang dihianati suaminya hendaknya berusaha agar permasalahan tersebut terselesaikan.Jangan hanya diam memendam rasa pedih sendiri karena alasan anda sangat mencintainya atau karena anak. semoga mbak risa bisa memahami.

  3. Suamiku selingkuh dan tidur dengan wanita muda selama 3 tahun ketika aku tugas belajar kuliah di luar kota, sudah ku telilti dan ada bukti. Wanitanya udah ku tanyakan baik-baik dan dia mengaku betul apa yang terjadi dengan suamiku dan mereka saling mencintai. Suamiku pun mengaku apa yang terjadi antara mereka. Aku dah berusaha menerima kesalahannya, tapi sulit memaafkan. Sudah 3 bulan hal itu berlalu, aku dibayangi penghianatan suamiku terhadap aku dan 2 anaknya. Pernikahan kami 10 tahun lamanya. Aku minta bercerai, tapi suamiku tidak mau. Akhirnya aku minta dia menikah dengan wanita selingkuhannya agar aku tidak menaruh curiga lagi dengannya ketika dia di luar rumah. Apa aku harus bersikap begitu? atau menuntut perceraian di pengadilan? Kami muslim, wanita selingkuhannya agama hindu dan dia siap masuk islam jika suamiku menikahinya. Segera balas, aku lagi bingung dan g tau harus gimana. Padahal karier dan usaha yang aku rintis sedang bagus dan berkembang cepat.

  4. salam kenal buat mbak yatik…

    saya turut prihatin dengan cobaan yang anda alami. susah memang meaafkan sebuah penghianatan apalagi kalau harus melupakan. Tapi sungguh mulia orang yang mampu melakukan itu.

    kalau anda sudah tidak nyaman dengan pernikahan anda dan ingin bercerai, maka anda berhak menggugat suami anda. dengan alasan dan bukti kuat kemungkinan besar gugatan anda akan dikabulkan pengadilan.

    tapi kalau anda masih ingin melanjutkan pernikahan anda dan bahkan meminta suami anda untuk menikahi selingkuhannya dan anda benar-benar ihlash mudah-mudahan anda termasuk wanita yang di berkahi Alloh.

    Dan sungguh suami anda telah melakukan dosa besar dengan berbuat zina. mintalah suami untuk bertaubat. bahkan dalam islam para penzina harus mendapat hukuman cambuk 100 kali.

    akhirnya semua anda sendiri yang menentukan. mintalah petunjuk Alloh untuk menentukan yang terbaik… mudah-mudahan anda ditetapkan dalam kesabaran…

  5. Assalamualaikum mba”
    kenapa harus bercerai..??? Suami aku berselingkuh dan tidur dengan wanita lain…tapi yang saya herankan mba’…wanita ini jugatelah bersuami…saya sebenarnya dipihak yang terdzalimi dan terkhianati pernikahan aku ini…. tapi setiap hari dan setiap saat aku selalu diteror dari wanita itu… aku diam bukan karena aku takut dan kalah…tapi aku diam karena anak aku udah besar….aku rela berkorban baik perasaan maupun hati aku mba’….semua itu aku lakukan demi anak aku….
    suami aku pernah mengakui dan meminta maaf…dan berjanji tidak mengulangi perbuatan bodohnya.. tapi terulang lagi dan terulang lagi….
    mba’…aku butuh teman untuk masalah aku ini…..
    mba’…aku rela mengalah dan aku rela mengundurkan diri dari rumah tangga aku ini demi orang2 yang aku cintai…tapi selalu saja aku menthok…..suami aku yang selalu engga mau nglepas aku….sedangkan aku juga manusia biasa yang punya batas kesabaran juga…
    mba’…apa yang harus aku lakukan…dan harus bagaimana aku menghadapi suami aku…..aku bener2 lelah….capek dan merasa bodoh.
    mba’… bantu aku ……

    Wassalamualaikum

    lusie_astuti@yahoo.com

  6. salam kenal buat mbak lussie…

    mbak… berumah tangga tidak hanya untuk membahagiakan suami atau anak. Tapi kita juga harus ikut merasakan kebahagiaan itu. Kalau orang lain bahagia sementara kita tidak, lalu untuk apa kita bertahan. Jangan mau menjadi korban.

    kalau memang mbak tidak bahagia dengan pernikahan mbak sekarang, mbak bisa menggugat cerai suami. Karena menurut cerita mbak suami anda bukan suami yang baik.

    tapi semua terseah mbak yang menjalani…

    semoga Alloh selalu membimbing dan memberikan kesabaran yang lebih untuk mbak lussie…amiin…

  7. Mbak, suami sy slalu mau kerja ke luar negri/daerah lain. hny sendiri. tdk mau dg sy. dia udah bosan dg hidup yg begini2 aja. dia jg blg klau seandainya dia pergi, aku boleh aja menikah lagi. intinya dia mau lepas dr sy, udah bosan dan sering selisih paham. padahal, slama ini sy yg lebih bnyk berkorban banting tulang cari uang. sy dgar dr teman, dan itu benar bahwa dia sering nelpon cewek dr daerah lain, mknya dia mau kerja ke luar daerah. sy pnya maksud ntk membuatnya bahagia yaitu dgn melepaskan dia dr sy. karna itulah yg dia dan keluarganya mau. orgtuanya sj slalu mendukung jika anak2nya selingkuh. abang ipar sy jg selingkuh, smpai2 ìstrinya gantung diri. mknya, sy tdk cocok dg pola pikir mrka yg licik dan tdk berperikemanusiaan. apa salah jk sy melepaskan sj suami sy pergi. krn selama ini dia sudah tdk pny semangat hidup krn gak bs kerja ke luar. mksh.

  8. mbak, sy punya problem dg suami , kita menikah baru 2 bln tp tiba2 dia ingin pergi dari sisiku ,maslahnya dia sdh pake uangku banyak dan kredit mbl tdk bs bayar, krn semula dia bilang kerja di Ln , tp ternyata stlh plg ke rmh dia sama skali tdk bawa uang, krn curiga sy tanya , suami marah dan pergi meninggalkan rmh tanpa pamit dan hp tdk bs dihubungi, sy jg meminta cerai dg kejadian ini, sy menikah dg suami status janda , suami status duda, sy menyesal dg pernikahan ini keinginan bercerai sangat kuat. trimaksh

  9. wlallalee…kasiaaan amat mang kurang ajar tu cwok g punya otak… sama ortu gw jugha pernah nglamin seperti itu dua tahun yang lalu..yang sabar aja mba nanti juga ada balasanya buat dia dan ada hikmahnya untuk mba….. jagn lupa terus berdoa mohon pada yang maha kuasa…

  10. Dear Pengasuh..

    Niat awal nikah saya ingin menyelamatkan harga diri calon istriku dan keluarganya dari “AIB” karena salah pergaulan. (belenggu dipikiran saya terus membebani karena saya mengenal simantan cowoknya dan sejauh apa hubungan mereka).
    Waktupun berjalan…
    Entah knapa dia mengulangi kesalahan seperti itu, memang untuk yang pertama bukti sangat kuat, karena real dan banyak buktinya…, tetapi untuk yang kedua dan ketiga ini buktinya sms sayang sayangan mereka sangat menghancurkan perasaanku dan menghancurkan rencana hidup kedepan..
    HARUS BAGAIMANA AKU

    1. sebelumnya terima kasih atas kunjungannya ke blog in…

      Anda termasuk orang yang sangat baik menurut saya. Mau menutupi aib orang lain. akan tetapi kebaikan anda dibalas justru dengan ketidak baikan juga.
      Sekarang anda tanyakan pada hati nurani anda sendiri. lakukan yang terbaik menurut anda. atau minta bantuan nasehat orang terdekat untuk masalah anda ini. Semoga anda termasuk orang- orang yang sabar…

  11. Kalo menurut aku setiap yang berzina wajib didera hukuman 100 x cambukan kepada setiap para penzina dan perselingkuhan dan saya ingin menyampaikan buat para wanita yang terzalimi dan mengutip satu ayat :

    Pria Penzina Untuk Wanita Penzina dan Wanita Penzinah Untuk PriaPenzinah Pria Shaleha Untuk Wanita Shaleha dan Wanita Shaleha Untuk Pria Shaleha
    Pria Penzina Bukan Untuk Wanita Shaleha dan Pria Shaleha Bukan Untuk Wanita Penzinah

  12. Pria Penzina Untuk Wanita Penzina dan Wanita Penzinah Untuk PriaPenzinah, Pria Shaleha Untuk Wanita Shaleha dan Wanita Shaleha Untuk Pria Shaleha

    Pria Penzina Bukan Untuk Wanita Shaleha dan Pria Shaleha Bukan Untuk Wanita Penzinah

  13. @hasnah nasution:
    terima kasih atas kunjungannya ke blog saya..
    benar memang yang anda sampaikan. akan tetapi pada kenyataannya tidak smua berjalan semestinya. termasuk yang di alami mas wahyoe diatas termasuk hal yg tidak semestinya tapi harus dijalani oleh mas wahyoe.. dan keadaan tersebut juga membutuhkan solusi.

    sekali lagi terima kasih atas kunjungannya ke blog ini. dan salam kenal dari saya.

  14. assalamualaikum wr wb…
    mba aku mo tanya apa pants seorg istri minta cerai ke suaminya karena
    ke 1 sdh tdk ada kecocokan
    2. setiap kmi ada keluh kesah mala yg ada dia sering marah”…
    3. kadang – kadang dia setiap plng kerja selalu marah- marah hati ini tertekan mbah…. saya seorg pegawai swasta dan suami saya selalu cemburu mala dia datangi kntor saya sampai – sampai semua temn” lelaki saya tdk boleh ada yg mendekati saya ……
    begitu juga saya pindah kntr dia neror saya sampai sekrangpun dia menyuruh orang untuk mengikuti kemanapun saya pergi….maap mbah sekarang apa yg hrs saya lakukan…

  15. Saya tuntut fasakh di mahkamah kerana perangai buruk suami yang kuat merokok takut merosakkan akhlak anak2. Alhamdulillah, slps bercerai, anak2 saya menjadi insan2 soleh, berakhlak mulia dan sangan sukses dalam hidup dan agama.

  16. Saya mempunyai kerjaya dan berpendapatan sederhana serta mempunyai perniagaan sambilan. Punya 3 anak lelaki remaja yang saya tanggung sepenuhnya tanpa nafkah sesenpun daripada bekas suami. Selepas menjanda selama 3 tahun, seorang duda anak tiga iaitu teman dari kampung melamar saya dibandar dan kami baru setahun berumahtangga. Malangnya kami terpisah jauh oleh kerana kerjaya saya di selatan dan perniagaan dia di utara. Dia yang memilih untuk berniaga di utara dan merancangnya serta melakukan tanpa berbincang dengan saya tetapi hanya berbincang dengan anak-anaknya dan bekas isterinya. Dia berkata bahawa dia tidak bahagia berkahwin dengan saya. Sekarang dia menggunakan kereta mewah saya untuk kegunaan syarikat dia dan dia memberi kereta buruk dia untuk saya gunakan setiap hari. Dia tidak memberi saya nafkah dan beberapa kali pernah mengugut untuk melepaskan saya. Saya tidak takut diceraikan malah memberi beberapa cara agar memudahkan urusan perceraian kami. Tapi sehingga kini belum ada kata putus daripada dia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s