Sekolah tambah mahal…

SPP per bulan sebuah SD Negeri di Surabaya Rp.50.000. Itu masih tingkat SD. Belum SMP dan SMA tentunya lebih mahal. Bagaimana anak-anak kita bisa menikmati pendidikan kalau orang tua mereka tidak sanggup membayar uang sekolah?

Kemarin ada berita di televisi tentang seorang anak yang tidak mau sekolah lagi lantaran sang guru selalu menagih uang SPP yang nunggak beberapa bulan.

Semua tahu kondisi perekonomian masyarakat saat ini semakin terpuruk. Entah karena apa, yang pasti salah satu penyebabnya adalah masih minimnya tingkat pendidikan mereka. Sehingga pekerjaan bagi mereka pun terbatas pada buruh pabrik, pembantu rumah tangga, tukang becak, pemulung dan lain-lain.

Dengan pendapatan yang hanya cukup untuk makan atau bahkan kurang, bagaimana mereka bisa menyekolahkan anak-anak mereka? Padahal mereka tidak ingin anak-anak nya akan seperti orang tuanya. Paling tidak mereka berharap anak-anak mereka mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

Kalau saja ada beberapa konglemerat di negeri ini yang rela menyisihkan sedikit hartanya untuk membangun sekolah gratis untuk mereka yang tidak mampu, mungkin suatu saat nanti tidak akan ada lagi kebodohan di negara ini. Dan perekonomian akan lebih baik.

Saya tidak berani berharap banyak pada pemerintah. Karena terlalu banyak uang negara yang di korupsi, sehingga sulit kemungkinan pemerintah mendirikan sekolah gratis.

Memang ada beberapa daerah yang mengratiskan sekolah Negeri. Misalnya saja kabupaten Magetan. Mulai SD sampai SMP gratis. Di Malang saya baru tau SD nya gratis. Gak tau SMP dan SMA nya. Dan kebetulan saya berdomisili di Surabaya dan belum pernah mendengar ada sekolah gratis. Mungkin ada daerah lain yang menerapkan sekolah gratis, saya sangat salut pada daerah-daerah tersebut. Dari sini jelas bagaimana pendidikan menjadi prioritas apa tidak bagi mereka.

2 thoughts on “Sekolah tambah mahal…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s