Belajar ber Empati

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, Empati berarti perasaan dimana kita ikut merasakan dan memahami orang lain.Atau lebih gampangnya empati berarti menempatkan diri seolah-olah menjadi seperti orang lain. Misalkan kita merasa kasihan melihat orang tua akan menyeberang sendiri di jalan raya.

Empati bisa juga diiringi dengan perbuatan, misalnya ketika kita melihat orang tua akan menyeberang sendiri di jalan raya, kita membantunya menyeberangkan. Tapi ada juga empati yang tidak di iringi dengan perbuatan. Tapi hanya merasa kasihan melihat orang tua yang menyeberang jalan.

Dalam hidup ber-sosial, empati sangat diperlukan dan perlu dimiliki oleh semua manusia. Bayangkan saja kalau empati sudah hilang, maka tidak ada yang peduli sesama. Tidak akan ada orang yang membantu saudaranya yang kesusahan. Bahkan hanya sekedar iba melihat anak kecil yang ditinggal mati ibunya juga gak akan ada jika empati sudah hilang.

Kalau sekarang kita banyak menemukan orang yang hidup sengsara, serba kekurangan, tak mampu sekolah, apakan sudah banyak orang yang kehilangan rasa empati-nya? Bisa juga demikian. Semakin banyak orang yang tidak peduli terhadap sesama. Jangankan orang yang jauh, tetangganya yang kelaparan saja tidak dipedulikan. Lalu dimana sifat kemanusiaan nya? Orang-orang saat ini cenderung individual, tidak peduli kepada orang lain, yang penting hidup enak, makan enak, rumah mewah, mobil mewah dan kemewahan2 lainnya. Tidak peduli beribu orang di sekelilingnya kelaparan…

Jika saja semua orang memiliki rasa empati yang tinggi, dan mengiringinya dengan keinginan membantu meringankan beban orang-orang lemah, mungkin saja penderitaan mereka akan terkurangi, beban berat mereka akan sedikit teringankan…

Bila saja semua menyadari bahwa 2.5% harta mereka adalah milik orang lain…banyak orang yang tersenyum karena bisa makan dan melihat anak-anak mereka sekolah.

Semoga kita termasuk orang-orang yang diberikan petunjuk…

2 thoughts on “Belajar ber Empati

  1. Nikmatnya berempati, sambil jangan dipikirkan apakah orang yang kita beri empati akan membalas kita atau tidak. Keikhlasan yang akan mengatasi itu semua.
    Salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s