Kenapa Sembako mahal ya?

Setiap mnjelang Ramadhan sampai hari raya Idhul fitri tiba, harga sembako pasti naik. begitu juga saat ini…pusing kan, gaji tetap tapi harga2 pada naik…mari kita renungkan kenapa harga sembako naik..

Sudah menjadi tradisi masyarakat kita, ketika Bulan puasa tiba pasti akan belanja lebih dan tentunya masak-masakan yang istimewa. Mereka ingin menikmati saat berbuka puasa dengan hidangan yang lezat. Yang biasanya hanya masak sayur sop plus tempe goreng dan sambak kecap, ketika Ramadhan menunya ditambahi ayam goreng, dan es buah yang segar….

Menurut teori ekonomi (kalau tidak salah) ketika persediaan barang tetap, permintaan naik, maka harga akan naik…nah karena itu harga2 sembako di saat menjelang puasa sampai hari raya naik…

Seandainya saja masyarakat kita merubah kebiasaannya untuk belanja berlebih dan berbuka dengan sederhana saja mungkin harga sembako tidak akan naik…

Apalagi salah satu fadhilah puasa agar kita ikut merasakan penderitaan orang2 miskin yang makan sehari sekali saja sudah untung…kalau kita puasa terus berbuka dengan makan makanan yang istimewa, lalu bagaimana kita bisa merasakan penderitaan orang miskin?

Islam mengajarkan kesederhanaan dan melarang berlebihan.

Semoga kita termasuk hamba-Nya yang di beri petunjuk,amiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s