Lagu anak-anak hilang dari TV

“Abang tukang bakso mari-mari sini aku mau beli

Abang tukang bakso cepat dong kemari sudah tak tahan lagi…”

Penggalan lagu diatas adalah satu dari berpuluh-puluh lagu yang sering saya dengarkan di masa kecil saya dulu. Dulu puluhan penyanyi cilik sering nongol dilayar Televisi. Apalagi pada hari minggu ada acara khusus lagu anak-anak (saya lupa nama acaranya). Pokoknya hampir semua stasiun televisi memiliki acara yang menayangkan khusus lagu anak-anak. Saya benar-benar menikmati masa kecil saya dengan bermain dan bernyanyi.

Sampai saya menginjak remaja pun masih ada acara khusus lagu-lagu anak. Seperti ci luk ba di SCTV.

Tapi setelah saya dewasa dan kini punya anak, lagu anak-anak sudah hilang dari peredaran, terutama dari layar televisi. Pertanyaan besar KENAPA BISA TERJADI?

Apa stasiun televisi berpikir bahwa anak-anak tidak pernah nonton TV? atau prosentasi penonton televisi untuk anak sangat kecil sehingga mereka takut rugi…

Stasiun televisi itu tidak tahu betapa penting peran mereka bagi anak-anak…betapa pentingnya lagu anak-anak untuk perkembangan dan pendidikan anak. Saya rasa dibandingkan film serial Naruto, acara lagu-lagu anak lebih bagus dan lebih besar manfaatnya.

Sebenarnya pengajaran untuk anak akan lebih mudah dicerna jika dilagukan atau dijadikan lagu. Karena dengan lagu mereka tidak akan bosan dan senang belajar. Misalnya saja belajar berhitung, mengenal warna bahkan nama-nama nabi akan sangat mudah dihafal jika dilagukan. Maka dari itu betapa pentingnya lagu anak-anak untuk sarana pendidikan.

Makanya kenapa sekarang anak-anak cepat sekali hafal lagu Kucing garong atau ketahuan? karena pada dasarnya anak-anak memang cepat menghafa, apalagi yang dilagukan…

Jika stasiun televisi masih peduli dengan anak-anak dan masa depan mereka, tayangkanlah acara lagu-lagu untuk anak-anak. Atau para orang tua ajari anak anda untuk menyanyi sesuai dengan usia mereka, karena itu akan sangat berpengaruh bagi jiwa dan perkembangan mereka. Batasi dan dampingi mereka saat menonton televisi, jika stasiun TV sudah tidak peduli pada anak-anak kita, maka itu adalah tanggungjawab orang tuauntuk menjaga anak kita sendiri… Kalau perlu belikan CD-CD lagu anak untuk mereka (masalahnya bagi yang tidak mampu, bagaimana?)

Khusus untuk acara idola cilik nya RCTI, biarkan anak-anak menyanyikan lagu-lagu anak-anak…jangan dipaksa nyanyi lagu dewasa!!!

“Sungguh kasihan anak-anak saat ini, masa kecil mereka hilang terganti masa dewasa yang sangat dipaksakan karena mereka telah kehilangan lagu anak-anak yang tak pernah lagi tayang di televisi. Dan mereka pun menyanyikan lagu cinta yang tak dipahami”

 

 

7 thoughts on “Lagu anak-anak hilang dari TV

  1. setuju banget !!!!!!
    anak kecil kok nyanyiin lagu orang dewasa….

    itu namanya pemaksaan…
    apa lagi yg dinyanyikannya lagu cengeng..malah ada juga anak2 yang nnyanyiin lagu sensual…. di depan khalayak ramai lagi…

    salah siapa???…salah orang dewasa…yang tidak maulagi memperhatikan anak2…..

  2. Btw.. komnas perlindungan anak kok diam saja ya ? menyanyikan lagu dewasa oleh anak-anak khan merusak mentak kanak2 anak.

    Menurut saya sih permasalahan tsb jauh lebih besar dibandingkan dengan permasalahan yang sifatnya personal (contohnya: kasus syeh puji).

    gmn nih komnas perlindungan anak kok diam saja ? Permasalahan ini khan sudah lama, seharusnya komnas perlindungan anak sudah turun tangan sejak dulu. jangan cuman baru bereaksi klo ada yang mulai kusak kusuk di media seperti kasusnya syech puji.

  3. W pernah liat tukang odong2 yg nyetel lagu anak2 yg itu2 saja. stlah ditanya trnyata dy bingung mau nyari lagu anak2 dimana.. wong lagu yg dia setel juga trnyata lagu anak2 yg lama skali…
    apa lagu anak2 sudah punah?

  4. Anak2 sekarang lbh suka nyanyi lagu2 dwasa.. dan celakanya org dwasa membiarkan dan menganggapnya remeh…
    akibatnya lagu anak2 mulai tidak diminati karena anak2 jaman skarang mengikuti selera org dwasa..

  5. setuju banget tentang kepedulian pada anak-anak, soalnya gw juga lagi ngebahas tentang lagu anak-anak di skripsi gw yang saaat ini entah kemana lagu anak-anak yang mengandung unsur positif dibanding lagu orang dewasa.

    menurut gw acara sinetron di televisi lebih baik dikurangin kalo bisa sih dimusnahin karena ceritanya selalu mendewasakan anak-anak yang seharusnya menjadi anak-anak, acara sinetron diganti dengan penayangan lagu anak-anak lah…

    kepada pemerintah dan orang tua harap diperhatikan p[erkembangan anak-anak jaman sekarng, thanks

    wassallam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s