Bimbang…

Dulu aku begitu yakin dengan segala keputusanku. Dan seolah-olah keputusanku “tak bisa diganggu gugat” oleh siapapun. Termasuk keputusan untuk tetap bekerja setelah menikah dan bahkan setelah melahirkan seorang putri cantik bernama nadhira. Sampai-sampai aku tega meninggalkan anak ku dalam asuhan mbah nya selama aku tinggal bekerja…

Dulu aku begitu bangga menjadi “wanita bekerja”, karna bagiku wanita akan terlihat eksistensinya jika dia berkarier.

Dan kini aku mulai bimbang dengan apa yang kuyakini dulu, dengan apa yang kuputuskan dulu yang kukatakan “tak bisa diganggu gugat…

Rasa bersalah mulai menghantuiku disaat kutinggalkan anakku dipagi hari. Kulihat putriku menatapku sampai aku menghilang dari pandangannya…sedih sekali mengingatnya…

Rasa bersalah disaat putriku sakit, dan aku tak bisa menemaninya…

Rasa bersalah pada suami yang tak bisa tiap hari melayani nya dengan baik, membuatkan sarapan, memilihkan pakaian kerja untuknya, karna aku sendiri harus terburu-buru menyiapkan diriku berangkat kerja…

Dan sekian rasa bersalah… yang semua itu kukorbankan hanya untuk berapa rupiah yang kudapatkan…hanya untuk ke egoan ku menunjukkan bahwa aku bisa berkarier… padahal semakin hari rasa bersalah itu semakin mengendap dalam pikiran dan hatiku….

Aku sendiri gak tau kenapa aku menjadi sangat merasa bersalah karena aku bekerja?? tapi, sanggupkah aku untuk meninggalkan pekerjaan ini dan berada dirumah seharian?

Aku…sangat bimbang… kadang tangisku tak dapat ku bendung dengan berbagai alasan kuberikan untuk menutupi rasa bersalah ini…

Tak jarang aku berandai-andai…seandainya aku tidak bekerja, aku akan bisa mengurus buah hatiku, mengikuti tiap detik perkembanganya, mengajarinya berhitung, membaca sambil bernyanyi… seandainya aku tidak bekerja, tiap pagi pasti aku bisa menyiapkan sarapan untuk suami, memilihkan baju mana yang akan dipakai…dan seandainya aku diberi kemantapan untuk berhenti bekerja, pasti aku gak akan bimbang seperti ini….

Yaa.. Alloh berikan petunjuk-MU untuk hamba MU yang sedang bimbang ini…Amiin..

Tinggalkan Balasan

