Buku murah dan semua bisa sekolah, mungkinkah?

Beberapa waktu yang lalu pemerintah mencanangkan buku murah. berikut kuipan yang saya ambil dari Metrotvnews.com, Jakarta:

Untuk memperbaiki mutu pendidikan dalam negeri, pemerintah akan menerapkan program buku pelajaran murah agar harga buku bisa dijangkau masyarakat luas. Untuk itu, pemerintah telah membeli 250 copy right atau hak cipta buku pelajaran untuk tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Demikian diungkapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono usai menghadiri rapat kerja bidang pendidikan di Jakarta, Rabu (6/2)

Seperti keterangan diatas bahwa tujuan penerapan program buku murah adalah untuk memperbaiki mutu pendidikan dalam negeri.

Benarkah demikian? mungkin memang ada benarnya karena sebagian besar biaya pendidikan adalah untuk pembelian buku.

Tapi sebenarnya masalah negeri ini bukan itu. Masalah yang dihadapi bukan sebatas mahalnya buku, tapi untuk sekolah saja banyak yang masih susah. Kalau sudah begini apa solusi yang ditawarkan pemerintah?

Sekolah gratis kah? Berapa sekolah yang digratiskan? dan apakah sebanding dengan berapa anak-anak negeri ini yang tidak mampu untuk sekolah?

Memang terlalu kompleks permasalahan pendidikan di negeri ini dan pemerintah tidak boleh setengah-setengah mencarikan solusi nya? harus menyeluruh…

Misalnya saja pemerintah mengadakan sensus pendidikan. Berapa warga negara yang tidak mampu sekolah? Di daerah mana saja mereka berada? dengan demikian pemerintah akan tau berapa sekolah gratis yang perlu dibangun. Kalau seluruh anak usia sekolah sudah bisa sekolah, baru cari solusi tentang masalah yang lain.

Buku pelajaran memang penting, tapi tidak harus membeli kan? Lebih baik pemerintah membagikan gratis buku ke perpustakaan sekolah. Nah, nanti sekolah akan meminjamkan kepada para siswa. Toh tahun depan juga masih bisa dipakai adik kelasnya…

Dengar-dengar tahun lalu ada BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan katanya ada alokasi untuk pembelian buku? Apa BOS nya di korupsi juga sehingga tidak bisa jalan dengan baik?

Saya hanya berharap semoga permasalahan pendidikan di negeri ini segera berakhir. Dan semua dapat menikmati pendidikan tanpa melihat dia kaya atau miskin… semua bisa sekolah, dan semua berhak untuk pinter…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s