UU BPH yang tak memihak

Mungkin akhir-akhir ini saya kurang begitu mengikuti perkembangan pendidikan kita. Yah, sebuah alasan klasik sibuk atau memang saya sudah terkena virus apatis dengan apa yang terjadi di sekitar kita, kalo yang ini naudzubillah deh…karena saya masih selalu ingin punya hati nurani dan rasa empati yang tinggi…

Kemaren saya lihat berita di tv tentang demo mahasiswa di beberapa daerah yang menentang pengesahan Rancangan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (RUU BHP) menjadi
UU.

UU BHP terdiri atas 69 pasal. Pasal yang dipermasalahkan yakni pasal 41 ayat 7 dan 8. Pada ayat 7 disebutkan, “peserta didik yang ikut menanggung biaya penyelenggaraan pendidikan harus menanggung biaya tersebut sesuai dengan kemampuan peserta didik, orang tua, atau pihak yang bertanggung jawab membiayainya”.

Kemudian, ayat 8 berbunyi, “biaya penyelenggaraan pendidikan sebagaimana dimaksud ayat 7, yang ditanggung oleh seluruh peserta didik dalam pendanaan pendidikan menengah berstandar pelayanan minimal untuk mencapai standar nasional pendidikan pada Badan Hukum Pendidikan Pemerintah (BHPP) atau Badan Hukum Pendidikan Pemerintah Daerah (BHPPD), paling banyak sepertiga dari biaya operasional”.

Dari dua pasal diatas saya melihat adanya pembebanan biaya pendidikan kepada siswa/mahasiswa. Dan itu akan memberatkan orang tua siswa/mahasiswa.

Kalau pendidikan kita seperti ini, trus kapan seluruh rakyat indonesia bisa mendapatkan pendidikan dengan baik. Akhirnya yang akan terjadi siapa yang punya uang bisa sekolah yang gak punya? gak boleh sekolah?

Mungkin untuk pendidikan dasar dan menengah bisa sekolah bebas SPP di sekolah negeri yang terbatas jumlah dan daya tampungnya. Trus kalo mau kuliah, apa ada perguruan tinggi negeri yang gratis? sekarang saja rata-rata SPP/ semester di PTN 1,5 juta. Lalu yang gak mampu bagaimana?

Kenapa pemerintah ini semakin lama semakin menyiksa rakyat? Kalau negara ini mau maju, berikan pendidikan murah atau bahkan gratis untuk rakyat kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s