Konsumsi Kayumanis Berlebih Rusak IQ

Siapa yang tidak mengenal kayu manis. Bahan penambah aroma pada makanan yang dipercaya bisa membantu diet ini ternyata merupakan salah satu dari daftar makanan yang harus dijauhi selama masa kehamilan. Hal tersebut dikarenakan ternyata konsumsi kayumanis pada saat hamil, dapat menimbulkan kerusakan  IQ janin bayi dalam kandungan.

Hasil penelitian University of Helsinki di Finlandia selama delapan tahun terhadap wanita hamil yang gemar mengkonsumi manisan kayumanis mengungkapkan fakta tersebut. Ada kecenderungan menurunnya tingkat kecerdasan, konsentrasi yang buruk dan anak-anak lebih cenderung nakal di sekolah.

Sebuah zat yang disebut glycyrrhiza dalam kayumanis diyakini merusak plasenta, sehingga mampu menularkan hormon stres dari ibu ke bayi. Tingginya kadar hormon stres yang dikandung bayi dapat mempengaruhi perkembangan otak janin. Ini berkaitan dengan gangguan perilaku pada anak-anak.

Penelitian yang dilakukan University of Edinburgh pada 321 anak menguji kemampuan mental, kosa kata, memori dan kesadaran spasial. Perilaku dinilai melalui sebuah kuesioner mendalam dan diselesaikan oleh masing-masing ibu.

Hasil penelitian menunjukkan wanita yang gemar mengkonsumsi 100 gram akar kayumanis murni berada pada risiko yang lebih besar memiliki anak dengan tingkat kecerdasan di bawah rata-rata termasuk masalah perilaku. Hasil penelitian ini telah diumumkan dalam American Journal of Epidemiology.

“Jika memungkinkan, wanita hamil harus menghindari makan berlebihan kayumanis,” kata Profesor Katri Raikkonen, selaku ketua penelitian seperti dilansir dari The Sun. [mor]

sumber : inilah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s