Mahasiswa dan Kebutuhan Literasi Informasi

Sebagai mahasiswa baru, tentu ada beragam perbedaan suasana pembelajaran saat mereka berada di bangku sekolah menengah. Jika mereka biasanya mendapatkan buku paket sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan pada kelas tertentu, hal yang berbeda sangat terasa saat memasuki bangku kuliah. Sebab, seorang dosfoto perpusen hanya akan memberikan silabus perkuliahan selama satu semester, sementara mahasiswa harus mandiri dan pro aktif untuk mencari literaturnya. Jika di sekolah mereka hanya memerlukan satu buku teks untuk satu mata pelajaran, kini mereka memerlukan buku sebanyak- banyaknya untuk setiap mata kuliah sebagai referensi.
Pada sisi lain, hampir tidak mungkin mahasiswa untuk membeli semua buku yang diperlukan sebagai kebutuhan literatur. Tidak heran jika kebutuhan terhadap perpustakaan sebagai pusat referensi sangat tinggi dalam sistem perkuliahan. Kondisi ini menuntut para mahasiswa punya pengetahuan dan keterampilan tentang literasi informasi sebagai kecakapan untuk membantu mencari dan menemukan literatur yang dibutuhkan.
Menurut American Library Association (ALA), literasi informasi merupakan serangkaian kemampuan yang dibutuhkan seseorang untuk menyfoto perpus2adari kapan informasi dibutuhkan dan kemampuan untuk menempatkan, mengevaluasi, dan menggunakan informasi yang dibutuhkan secara efektif. Pengetahuan yang baik tentang literasi informasi memungkinkan mahasiswa mencari dan menemukan referensi dari berbagai sumber yang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan cepat dan tepat.
Selama ini harus diakui bahwa tidak sedikit mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya masih berkutat pada buku-buku teks sebagai bahan rujukan tugas-tugas perkuliahan. Padahal sebenarnya referensi bisa didapatkan dari banyak sumber, dan salah satu yang terpenting adalah jurnal. Jika dibandingkan dengan buku teks sebagai sumber referensi, tentu jurnal punya beberapa kelebihan. Di antaranya adalah konten artikel jurnal lebih spesifik sesuai dengan spesifikasi penerbitnya, dan tentu saja up to date selaras dengan perkembangan zaman.
Sayangnya, kalangan yang menggunakan terbitan berkala berbasis pengetahuan ter-up date ini sebagai bahan referensi, masih dilakukan oleh sebagian kecil mahasiswa. Padahal selain dalam bentuknya yang manual, kini sudah banyak jurnal yang berbentuk elektronik (e-jurnal) yang bisa diakses secara gratis atau dengan cara berlangganan. Ketidaktahuan mahasiswa terhadap informasi tentang bahan- bahan rujukan selain buku teks itu dapat diatasi dengan memberikan pelatihan tentang literasi informasi kepada mereka.
Dalam beberapa kesempataperpus4n sebelumnya, perpustakaan UIN Sunan Ampel telah melaksanakan pelatihan literasi informasi dasar untuk mahasiswa baru setiap awal tahun ajaran baru. Sementara untuk mahasiswa lama, pihak perpustakaan juga berulang kali menyelenggarakan pelatihan literasi tingkat lanjutan. Salah satu harapan terpenting dari pelatihan ini tentu saja bukan hanya kegiatan formalitas sebagai syarat untuk mendapatkan kartu anggota perpustakaan. Namun, diharapkan para peserta itu dapat memahami manfaat dari pelatihan literasi informasi yang diikuti, bahkan harus meluangkan waktu yang tidak sedikit.

fotoperpus3
Untuk menumbuhkan pemahaman tentang pentingnya literasi informasi, tentu dibutuhkan sinergi dari semua pihak civitas akademik UIN Sunan Ampel. Ia bukan sekedar tanggung jawab pihak perpustakaan sebagai penyelenggara kegiatan, tapi juga siapa saja yang concern terhadap perkembangan keilmuan para mahasiswa. Terlebih bagi para dosen, tentu akan sangat bijak jika memberikan informasi kepada mahasiswa betapa pentingnya pengetahuan tentang literasi informasi untuk kemajuan pembelajaran mereka selama dalam perkuliahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s