Tahun Baru yang Terlupakan

Pagi tadi di sela- sela sarapannya, gadis kecilku bilang “bun, besok libur Hari Raya Islam ya?”. Hmmmm, ternyata dhira ku benar tapi yang benar Islamnya saja..heheheh. Langsung saja saya jawab “besok bukan hari raya mbak cantik..besok Tahun baru Hijriyah”. Anak gadisku yang duduk di kelas 3 SD Islam ini menunjukkan mimik terheran- heran sambil bertanya lagi. “Bukannya Tahun Baru itu 1 Januari?”. Nah, saya sebagai seorang ibu sedikit tercubit karena lupa mengenalkan hari- hari penting dalam Islam, termasuk tahun Hijriyah.

Mengenalkan hari- hari bersejarah dalam Islam sangatlah penting untuk anak- anak. Karena dengan mengetahui sejarah Islam, anak akan mengetahui lebih banyak tentang agama yang dianutnya. thn baru1Tidak hanya mengenal bahwa Islam adalah Rukun Islam dan Rukun Iman saja. akan tetapi tahu juga sejarah bagaimana dan darimana Islam datang. Sehingga anak- anak kita tidak hanya menjadi muslim keturunan saja.

Kalau dulu biasanya sekolah- sekolah yang ber label Islam mengadakan Pawai ta’aruf untuk menyambut Tahun baru Hijriyah, sekaligus mengingatkan akan sejarah bahwa dimulainya Tahun Baru Hijriyah adalah hijrahnya Rosululloh dari makkah ke madinah. Tapi kenapa sekarang kok banyak yang tidak menagdakan ya? termasuk juga di Sekolah Anak saya ini.

Jangan sampa anak-anak lebih menikmati euforia Tahun Baru Masehi dan tidak mengenal Tahun Baru Hijriyah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s