Hidup Mulia, Insya Alloh Mati Mulia

Sebuah jargon yang sangat terkenal bahkan akhir- akhir ini semakin terkenal “Hidup Mulia atau Mati Syahid”. Ungkapan ini pertama kali dikemukakan oleh ibunda Abdullah bin Zubair, yakni Asma Binti Abu Bakar kepada puteranya, Abdullah bin Zubair. Konteks ungkapan itu juga kontekstual dan sangat heroik, karena disampaikan oleh Ibunda Asma kepada putranya Abdullah bin Zubair agar tetap semangat berperang membela kebenaran sampai titik darah penghabisan melawan kekuasaan tiran saat itu pimpinan Yazid bin Muawiyah.

Saat ini jargon tersebut dipakai oleh para teroris atau bahasa mereka mujtahid dan menjadi penyemangat dalam berjihad versi mereka. Mungkin yang mereka pahami dari jargon tersebut adalah “Jika tidak bisa hidup mulia, lebih baik mati syahid”. Dan melakukan aksi bom bunuh diri adalah salah satu cara menjadi syuhada’.

Menurut saya terlalu instan menafsirkan sebuah “kemuliaan” atau “syahid” dalam versi teroris. bagaimana mereka bisa dianggap syahid jika ada orang lain menjadi korban. Anak- anak kehilangan orang tua dan keluarga kehilangan tulang punggungnya. Apa bisa dikatakan syahid jika dalam ke “syahid-an” mereka melukai hati orang lain?.

Mati syahid versi mereka tampaknya hanya sebagai alasan karena mereka merasa tidak mampu untuk menjalankan hidup mulia. Hidup menjalankan syari’at Alloh, hidup bermanfaat untuk orang lain, atau hidup demi mencari ridho Alloh. Bukannya Jihad dalam kehidupan seperti itu lebih mulia. Berusaha menjadi hamba taat dan bermanfaat untuk sesama sebenarnya bukanlah sesuatu yang menyulitkan selama kita menyadari dari mana asal kita dan kemana kita akan kembali.

Bukannya dengan menjalankan hidup mulia akan membawa kita kepada kematian yang mulia juga?

Wallohu a’lam bishawab…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s